Kamis, 28 April 2011

YHWH

Daftar artefak signifikan Alkitab: tulian nama Elohim Israel YHWH
Setelah anak-anak Israel ditawan ke Babel, mereka mulai mengambil tulisan dan kosakata dari Babel. Perubahan dalam teks Ibrani dari Alkitab adalah sangat berbeda. Bulan pertama kalender Ibrani disebut "Abib" selama zaman Musa (Exd 34:18, Deu 16:1), tetapi setelah penawanan di Babel, hal itu disebut "Nisan" (Neh 2:1; Est 3: 7). Tulisan yang digunakan oleh orang Ibrani diubah menjadi bentuk Babel Hal ini penting untuk menghargai.. Sebuah posisi skolastik populer berpendapat bahwa Taurat tidak ditulis sampai pembuangan. Namun, ketika Kitab Suci pra-pengasingan hanya berisi kosakata yang lebih tua dan tidak ada yang baru, itu menyajikan bukti bahwa menulis itu memang dilakukan sebelum penawanan Babilon.

Beberapa artefak dari beruang Ajrud Kuntillet pada mereka prasasti di paleo-Ibrani, bentuk pra-Babel Ibrani. Mereka juga meliputi referensi untuk YHWH, nama Elohim Musa. Salah satu menemukan Ze'ev Meshel ditemukan pada tahun 1970-an adalah mangkuk batu 400-pound yang ditulis dalam paleo-Ibrani, "(Milik) untuk Ovadiah, putra Adnah, mungkin dia akan diberkati oleh Yahweh."
Yahweh, dieja dengan empat huruf Ibrani (YHWH), yang dikenal di literatur ilmiah sebagai Tetragrammaton, adalah pribadi nama dari Ibrani Elohim.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WELCOME To HalleluYAH Praise YAHweh